Kamis, 13 Januari 2011

Personal Selling


"The three great essentials to achieving anything worthwhile are; first, hard work, second, stick-to-it-iveness, and third, common sense."
- Thomas Edison

Kesan dan kritik saya pada hari ini cukup baik, Bapak dosen memberikan joke-joke ringan seiring menjelaskan materi yang ada, sehingga suasana tidak menjadi kaku. 

Pada materi yang disampaikan juga baik, dan memang jauh lebih baik jika dalam penyampaian materi, diberikan sebuah contoh yang cocok dengan hal yang sedang diterangkan, seperti ketika diterangkan tentang Customer Decision Making Unit, Pak Sandy memberikan gambaran tentang permisalan sebuah keluarga yang hendak membeli mesin cuci, dan menurut saya hal tersebut sangat baik, karena saya jadi lebih mudah untuk mengerti. Materi Starbucks yang disampaikan juga menarik karena berhubungan dengan studi kasus “nyata” yang sedang terjadi sekarang ini (dan juga tentu saja karena objek kasusnya juga terkenal). Starbucks memang sebuah kedai kopi yang sangat terkenal, yang tanpa sadar sudah menjadi sebuah lifestyle bagi kebanyakan orang, selain itu Starbucks juga memberi lapangan kerja bagi para anak-anak muda, sekaligus memberikan mereka pelatihan yang baik, karena selama ini para barista Starbucks terkenal akan keramahannya, bahkan jika anda sudah sering membeli kopi di Starbucks, terkadang barista akan menyapa anda dengan nama anda agar bisa lebih ramah lagi. 

 
   
Manfaat perkuliahan yang saya dapat adalah, saya menjadi lebih mengerti bagaimana cara untuk mendekati dan menghadapi konsumen, apa saja yang harus saya jelaskan atau katakan ke konsumen pada saat saya menerangkan produk saya. 
 
Saya akan lebih focus pada menerangkan “Keuntungan” jika membeli produk saya. Saya juga akan memberikan after sales service agar konsumen bisa puas lalu membeli produk saya lagi.
How to Introduce Yourself to Your Customer.. :)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar